Berita Utama

Waspada tindak kejahatan selama PSBB

Dibaca: 1 Oleh 16 Des 2020Tidak ada komentar
Waspada tindak kejahatan selama PSBB
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Selama masa karantina berlangsung, banyak tempat usaha dan toko – toko yang harus tutup. Banyaknya tempat usaha yang tutup berimbas pada perekonomian masyarakat. Tidak sedikit pengusaha yang mengalami kebangkrutan dan harus memberhentikan karyawannya. Bahkan masyarakat dari usaha kecil pun turut merasakan dampak akibat pandemi virus Covid 19.

 

Waspada tindak kejahatan selama PSBB

Tingkat pengganguran bertambah, sementara kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi membuat sebagian orang terdesak untuk melakukan kejahatan. Contoh data dari Polda Metro Jaya selama masa pandemi  Covid 19 dari bulan Maret hingga April 2020 jumlah tindak kriminalitas naik sebesar 10%. Tindak kejahatan yang meningkat adalah kasus perampokan, penipuan dan narkoba. Tindak kejahatan ini juga diperparah dengan adanya pembebasan tahanan sebagai penerapan phisycal distancing dalam lapas. Namun ternyata para napi yang dibebaskan ini banyak yang melakukan tindak kejahatan di masyarakat.

Banyak modus dan cara yang digunakan orang untuk melancarkan aksinya dalam melakukan tindak kejahatan. Baru – baru ini bahkan tersebar berita tentang modus perampokan melalui masker yang dibagi – bagikan secara gratis ke masyarakat, masker yang dibagi ini telah direndam dengan zat narkotika sebelumnya yang dapat menyebabkan orang kehilangan kesadaran atau pingsan, kemudian pelaku melakukan aksi perampokannya. Belum diketahui kebenaran berita ini namun terlepas dari itu BNNK Tana Toraja menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati – hati dan waspada, karena tindak kejahatan bukan hanya terjadi karena terdesak kebutuhan tetapi juga karena ada kesempatan. Jangan beri kesempatan apapun kepada orang lain untuk berbuat jahat disekitar anda. Jika ternyata ada hal yang mencurigakan terjadi segera laporkan kepada pihak berwajib agar dapat segera ditindaklanjuti.

 

Waspada tindak kejahatan selama PSBB

Berhati – hatilah dalam menerima paket, barang, ataupun pemberian orang lain kepada kita. Ketika menerima barang baiknya dibersihkan dengan disinfektan atau dicuci terlebih dahulu agar bersih. Ada baiknya kita mencegah hal – hal yang tidak diinginkan sebelum merugikan diri sendiri dan orang lain.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel