Berita Utama

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Dibaca: 0 Oleh 16 Des 2020Tidak ada komentar
PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Di tengah wabah virus Covid 19 yang melanda tanah air, himbauan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh sering disampaikan agar kita tidak mudah terjangkit oleh virus. Orang – orang kemudian menjadi aware dan peduli dengan kesehatan masing – masing. Yang tadinya malas berolah raga jadi rajin berolah raga, yang tadinya suka makan makanan yang kurang sehat kemudian merubah pola makannya. Segala macam suplemen, vitamin, dan buah – buahan pun dikonsumsi dengan harapan dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh.

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Namun ternyata menjaga kesehatan dan kebersihan diri belum cukup untuk membuat kita imun dari segala penyakit maupun virus. Ada satu hal penting yang tidak boleh kita lewatkan yaitu kesehatan mental. Mengapa kesehatan mental menjadi sangat penting ? Karena kesehatan tubuh kita tergantung dari pikiran yang sehat dan mental yang baik. Menurut riset, 99 persen penyakit muncul karena pikiran dan akibat stres. Parahnya lagi, stres itu termasuk dalam penyakit pikiran yang berakibat pada penurunan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap virus atau bakteri.

Jika kita kita mengalami stres, maka itu akan berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh. Ketika seseorang marah, cemas, sedih dan tertekan maka otak akan mengeluarkan hormon noradrenalin, yaitu hormon yang sangat beracun yang membuat fisik seseorang akan menjadi lemah, sakit-sakitan, cepat tua dan cepat mematikan syaraf (Psikolog Wiene Dewi dari Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi).

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Tidak dapat dipungkiri bahwa, pandemi virus Corona yang melanda memberikan dampak psikologis yang besar bagi sebagian orang. Banyak orang mengalami rasa cemas, ketakutan, panik, mudah marah, curiga dan saling menyalahkan satu sama lain. Belum lagi efek  physical distancing yang menyebabkan beberapa orang harus mengalami yang namanya PHK, perusahaan yang mulai banyak yang gulung tikar, bahkan tidak bisa bertemu dengan keluarga menyebabkan tingkat stres di masyarakat semakin tinggi.  

Walaupun demikian, kita harus tetap menjaga pikiran kita agar tetap positif. Ini adalah salah satu cara agar kita tetap sehat. Psikolog Wiene Dewi mengatakan bahwa jika ingin sehat, hormon endorfin harus banyak keluar dari dalam tubuh karena hormon ini dapat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina. Hormon endorfin akan banyak diproduksi jika kita mengalami rasa bahagia dan senang.

Jangan sampai ketika kita mulai mengalami putus asa dan stres kita kemudian beralih ke narkoba. Ingat narkoba tidak menyelesaikan masalah. Ketika narkoba sampai masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami kerusakan yang akan makin memperburuk kesehatan. Masih banyak cara – cara yang sehat dan positif agar kita terhindar dari stres dan kebosanan selama masa karantina.

Mari kita bersaama – sama menghadapi pandemi virus covid 19 ini dengan tenang namun tetap waspada . Perbanyak aktivitas dan hindari stres yang berlebih, karena semua masalah pasti akan berlalu. Jika kita tetap sehat, tetap kuat kita pasti akan bertahan melaluinya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel