Berita Utama

TIPS MENGATASI RASA BOSAN SELAMA KARANTINA

Dibaca: 1 Oleh 16 Des 2020Tidak ada komentar
TIPS MENGATASI RASA BOSAN SELAMA KARANTINA
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Saat ini hampir seluruh negara yang terjangkit virus Covid 19 memberlakukan kebijakan lockdown ataupun karantina. Setiap orang diwajibkan untuk berada di dalam rumah masing – masing dan seluruh aktivitas di luar rumah dihentikan hingga wabah Covid 19 dinyatakan telah selesai. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak dengan orang – orang yang mungkin membawa virus Covid 19 sehingga korban tidak semakin bertambah.

Indonesia sendiri telah memberlakukan karantina mandiri sejak minggu kedua bulan Maret hingga hari ini masih dilaksanakan karena korban positif yang masih bertambah. Sebulan lebih berada di rumah tanpa bisa melakukan aktivitas tentu sudah sangat membosankan bagi sebagian besar orang. Ingin rasanya wabah ini cepat berlalu dan beraktivitas kembali seperti biasa. Karena saking bosannya beberapa masyarakat Indonesia sampai melanggar himbauan pemerintah dengan nongkrong di cafe, warnet, bahkan sampai ada yang bermain judi bersama. Akibatnya petugas keamanan harus membubarkan dan berpatroli di tempat – tempat yang sering dijadikan tonkrongan anak – anak muda. Kelakuan beberapa warga ini tentu sangat tidak bertanggung jawab karena selain membahayakan diri sendiri, juga dapat membahayakan orang lain apalagi ketika berkumpul tanpa menggunakan masker. Karena yang ditakutkan adalah berkeliarannya orang – orang yang tanpa gejala (OTG) orang yang merasa sehat tapi ternyata membawa virus dan berpotensi menularkannya kepada orang lain. Oleh karena itu sejumlah petugas saat ini melakukan patroli di sejumlah tempat yang sering dijadikan tongkrongan anak – anak muda.

Karena kita sudah mengetahui betapa beresikonya apabila kita berkeliaran di luar apalagi tanpa menggunakan masker, maka sekali lagi dihimbau untuk tetap di rumah dan jangan keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak. Sebaliknya carilah kegiatan – kegiatan positif yang dapat dilakukan di dalam rumah agar kita tidak merasa bosan dan stres, karena stres juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Untuk itu berikut beberapa tips agar kamu tidak bosan selama karantina di rumah.

  1. Lakukan hobi yang kamu sukai. Ada banyak hobi yang bisa kita lakukan di dalam rumah, contohnya hobi masak, bermain musik, olah vokal, membaca, nonton drama korea atau bermain game. Dengan melakukan hobi tersebut kamu tidak akan merasa bosan dan dengan melakukannya kamu juga bisa lebih memperdalam dan mengasah bakat kamu yang selama ini terpendam.
  2. Berolah raga. Selain menyehatkan olah raga juga dapat meningkatkan imunitas dan rasa bahagia dalam diri kita sehingga tidak mudah stres.
  3. Family time bersama keluarga. Bagi kamu yang selama ini sibuk dan kurang waktu bersama keluarga, maka inilah saat yang tepat untuk berkumpul dan melakukan hal – hal menyenangkan yang selama ini jarang dilakukan. Masak bersama, makan bersama, nonton bersama, dan beribadah bersama. Momen – momen ini tentu tidak akan kamu lakukan lagi ketika kamu sudah kembali beraktivtas.
  4. Bersih – bersih rumah. Bersih – bersih rumah juga menjadi pekerjaan yang jarang dilakukan ketika seseorang sibuk karena menguras waktu dan tenaga. Momen karantina ini dapat kamu habiskan dengan memberishkan rumah, selain karena kenyamanan, membersihkan rumah juga menjadi pekerjaan wajib saat ini agar kuman dan virus tidak masuk ke dalam rumah.
  5. Menciptakan hasil karya. Tips terakhir yang tidak kalah menarik adalah menciptakan hasil karya. Waktu yang panjang ini cukup untuk kamu membuat hasil karya. Contoh hasil karya membuat konten youtube yang menarik dan edukatif seperti info – info terkini tentang virus Covid 19 dan pencegahannya, atau hobi kamu bisa juga dimasukkan menjadi konten, misalnya konten masak, konten musik, review film dan lain – lain. Selain bermanfaat buat orang lain jadi vloger juga bisa memberikan penghasilan kepada kamu. Selain menjadi vloger ka mu juga bisa menjadi penulis dan hasil karyamu bisa kamu posting di media sosial.

 TIPS MENGATASI RASA BOSAN SELAMA KARANTINA

Diam di rumah bukan berarti tidak produktif dan tidak melakukan apa – apa. Malah dengan diam di rumah, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan yang mungkin selama ini terlupakan. Jadikan musibah ini sebagai momen untuk belajar. Belajar bersabar, belajar berbagi, belajar, tidak egois.   Saatnya untuk memperbaiki diri, dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain karena dibalik semua yang terjadi pasti ada maksud Tuhan di dalamnya.  Dan yang terpenting jangan jadikan momen ini untuk menyalahgunakan narkoba. karena narkoba sama sekali tidak membantu kamu untuk menyelesaikan masalah.

TIPS MENGATASI RASA BOSAN SELAMA KARANTINA

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel