Berita Utama

Menjaga Imun Tubuh Tanpa Narkoba

Dibaca: 1 Oleh 16 Des 2020Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Dengan semakin bertambahnya korban virus covid 19 di indonesia, maka masyarakat juga semakin panik dan khawatir.
Menurut juru bicara pemerintah Achmad Yurianto saat konferensi pers di Jakarta, jumlah pasien positif corona bertambah 64 orang, sehingga total pasien corona menjadi 514 orang yang dinyatakan positif terjangkit virus covid 19. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia dan sembuh juga bertambah. Korban meninggal bertambah menjadi 10 orang, dan total mencapai 48 orang. Sedangkan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh juga bertambah 9 orang menjadi 29 orang.
Kasus positif corona per Sabtu (21/3) antara lain berada di DKI Jakarta (267), Jawa Barat (55), Banten (43), Jawa Timur (26), Jawa Tengah (14), Kalimantan Timur (9). Kemudian di DI Yogyakarta (5), Kepulauan Riau (4), Bali (3) Sulawesi Tenggara (3), Sulawesi Selatan (2), Sulawesi Utara (2), Kalimantan Barat (2), Kalimantan Tengah (2), Sumatera Utara (2), Sulawesi Selatan (2), Lampung (1), dan Riau (1). Kasus kematian paling banyak terjadi di DKI Jakarta, yakni total mencapai 23 orang. Diikuti Jawa Barat sebanyak 3 orang, Banten 2 orang, Bali 1 orang, Jawa timur 1 orang dan Sumatera Utara 1 orang.
Dengan kekhawatiran dan kepanikan yang melanda , masyarakat kemudian berlomba – lomba untuk membeli bahkan memborong masker, handsanitizer, dan desinfektan, walau harganya yang semakin melonjak. Dalam kegalauan dan kepanikan, masyarakat melupakan satu hal yang penting untuk dilakukan yaitu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, karena virus bisa ada dimana saja walaupun kita sudah menggunakan pelindung namun jika daya tahan kita lemah kita akan mudah terjangkit baik itu virus maupun bakteri.
Menurut Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, tubuh memiliki sistem imun atau sistem pertahanan, sebagai mekanisme alami untuk melawan ancaman dari masuknya benda asing dari luar, seperti virus, bakteri, jamur. Lebih lanjut beliau mengatakan daya tahan tubuh adalah kunci untuk menangkal virus corona. Fakta di lapangan pun demikian. Pasien yang sembuh dari penyakit Covid-19 selalu dikaitkan dengan daya imunitas atau kekebalan tubuh yang baik dalam melawan virus jahat tersebut.
Dengan sistem imun yang ada pada tubuh, walaupun usianya masih muda tetapi memiliki riwayat penyakit seperti jantung, HIV AIDS, Diabetes Mellitus, Kanker maka daya tahan tubuhnya akan melemah otomatis segala penyakit akan gampang masuk ke dalam tubuh. Berkaitan dengan itu para pecandu dan penyalahguna narkoba adalah orang yang rentan tehadap penyakit karena sifat narkoba yang merusak tubuh hingga menimbulkan berbagai penyakit seperti yang disebutkan diatas. Oleh sebab itu, memang penting untuk menjaga kesehatan diri dan imunitas tubuh tetap dalam keadaan baik agar kita tidak mudah jatuh sakit apalagi sampai saat ini vaksin untuk mencegah virus misterius ini belum ditemukan. Obat-obatan yang digunakan hanya ditujukan untuk meredakan gejala. Artinya, mau tak mau kita mesti mencegah virus ini sedari awal. Pencegahan dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan bergizi seimbang, makanan penunjang sistem imun, istirahat yang cukup, kelola stres dengan baik, hindari atau jangan merokok, dan tentu saja jauhi narkoba.
Pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel