Senin, 07 Agustus 2017

Apa Saja Kegiatan Rehabitasi dan Klinik Pratama Kinawa BNN Kabupaten Tana Toraja. Yuk kita ikuti kegiatannya?


Hari Jumat tanggal 4 Agustus 2017 Kegiatan Seksi Rehabilitasi dan Klinik Pratama Kinawa BNNK Tana Toraja melaksanakan beberapa kegiatan.
 Kegiatan Rehabilitasi dengan melaksanakan asesmen kepada salah satu klien voluntary penyalahguna narkoba yang telah ditangani BNNK Tana Toraja. Rencana tindak lanjut dari hasil asesmen yang dilakukan yaitu Rehabilitasi rawat inap sosial di Rumah Pemulihan Batulelleng. Rumah Pemulihan Batulelleng merupakan Lembaga Rehabilitasi Kelompok Masyarakat yang menjadi tim kerja BNNK Tana Toraja dalam menangani penyalahguna narkoba.
Rumah Pemulihan Batulelleng selain melaksanakan rehabilitasi sosial juga memberikan ketrampilan dalam memberikan life skill khusunya pembuatan tempe kepada klien yang direhabilitasi. Hal ini bertujuan agar nantinya jika klien pulih dan kembali ke lingkungannya, mereka sudah bisa mandiri dan dapat menghilangkan stigma negatif yang mencul dalam masyarakat bahwa seorang mantan pecandu hanya menjadi beban. Keberfungsian sosial ini dapat memulihkan khususnya secara psikologi.

BNN Kabupaten Tana Toraja terus memberikan bimbingan teknis Lembaga Rehabilitasi Kelompok Masyarakat di Rumah Pemulihan Batulelleng dan koordinasi ke Yayasan Wahana Anak Muda.  Kegiatan ini sebagai pendampingan yang dilakukan Seksi Rehabilitasi BNNK Tana Toraja dalam meningkatkan kemampuan konselor adiksi dalam penanganan klien yang direhabilitasi. Selain itu diberikan juga bimbingan dalam hal administrasi dan pelaporan hasil kegiatan.

Setelah kegiatan selesai di LRKM Tim langsung menuju ke RSUD Pongtiku yang merupakan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (LRIP) yang bekerja sama dengan BNNK Tana Toraja dalam kegiatan Rehabilitasi. Bimbingan Teknis dan koordinasi ini dilakukan dengan tujuan agar nantinya Lembaga Rehabilitasi RSUD. Pongtiku dapat menjalankan program rehabilitasi pecandu narkotika dan korban penyalahguna narkoba di Instansi Pemerintah.

Dalam waktu yang bersamaan Di Kantor BNNK Tana Toraja khususnya di Klinik Pratama Kinawa dilaksanakan kegiatan pelayanan pengurusan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) untuk keperluan melamar pekerjaan. BNNK Tana Toraja dapat melayani pengurusan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) pada jam kerja (08.00-16.00 Wita).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar