Kamis, 27 April 2017

BNN Kabupaten Tana Toraja Menghadiri Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53 Digelar di RUTAN Makale Kelas IIB




Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53 pada hari Kamis, 27 April 2017 digelar di RUTAN Makale Kelas IIB. Pelaksanaan kegiatan ini diisi dengan upacara dimana Wakil Bupati Tana Toraja menjadi Inspektur Upacara. Dalam sambutannya Wakil Bupati membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM.
Sambutan MENKUMHAM ini memberikan pesan bahwa sangat diperlukan revolusi mental bagi jajaran Pemasyarakatan yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Tana Toraja. Pemasyarakatan sebagai Nation and Building memberikan sebuah makna bahwa negara harus dapat membangun kapasitas pribadi pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat aktif berperan dalam pembangunan NKRI.
Momentum peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53 kali ini diharapkan bukan semata-mata kegiatan seremonial saja, tetapi pemasyarakatan dapat mempersembahkan wujud nyata pemerintah dalam bekerja. Lembaga Kemasyarakatan tidak hanya sebagai tempat pembinaan narapina secara konvensional tetapi dapat juga menjadi sarana pendorong yang menghasilkan berbagai kreatifitas narapidana.
Penyerahan hasil kreatifitas binaan pemasyarakatan RUTAN Kelas IIB seperti Rumah Adat Tana Toraja kepada Pemerintah Daerah Tana Toraja yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja. Penyerahan ini membuktikan bahwa pemasyarakatan mampu memberikan keterampilan kepada binaannya.  
Dalam kegiatan ini dihadiri oleh forum Koordinasi Pimpinan Daerah, BNN Kabupaten Tana Toraja yang diwakili oleh Kasubbag Umum Teo Pakiding, SE, Kepala Departemen Agama, Kepala BRI Cabang Rantepao, dan para Purnabakti Rutan Kelas IIB Makale.

Kegiatan ini berlangsung hikmat dan tertib, semua narapidana dengan antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Dengan selesaikan kegiatan ini, mari kita bersama-sama mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur serta menumbuhkan kesadaran kita untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat menjerumuskan kita kedalam jeruji besi. Salah satunya adalah jauhi peredaran dan penyalahgunaan narkoba#Stopnarkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar